Halaman

7 Mar 2013

ILMU SOSIAL



Ilmu sosial sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari pada umumnya yang mempelajari segala bentuk tingkah laku manusia, seperti pemenuhan kebutuhan, jual-beli, musyawarah, politik, geografi, antropologi, keluarga dan sebagainya. Segala bentuk interaksi antar individu dengan menggunakan media apapun, seprti komunikasi langsung dengan tatap muka, surat-menyurat, telepon, internet, merupakan bagian dari ilmu sosial.

Hal pertama yang kita tangkap dari pengertian di atas adalah, adanya unsur komunikasi sebgai landasan terbentuknya interaksi sosial. Setiap manusia berhubungan satu dengan yang lainya, sebagai contoh hal mendasar dari tingkah laku manusia adalah pemenuhan kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhannya manusia memerlukan peran dari manusia lainnya. Itu lah mengapa manusia disebut sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak bisa hidup tanpa adanya peran manusia yang lain. Perlu adanya komunikasi sebagai media penghubung terbentuknya interaksi antar individu manusia agar kenginan atau maksud tertentu dapat tersampaikan.

Sejak manusia dilahirkan, sudah dikenalkan dengan dengan komunikasi, dari bentuk paling sederhana seperti seorang ibu yang berkomunikasi dengan bayinya dengan hanya dengan gerakan tangan yang membuat sang bayi tersenyum atau bahkan tertawa. Hingga sang bayi tersebut tumbuh dan mengenal beberapa patah kata hingga kalimat dalam bahasa tertentu yang dibawa oleh orang tuanya atau saudara-saudaranya. Bagaimana mungkin seorang bayi atau anak kecil dapat memagami bahasa komunikasi tanpa ada yang memperkenalkan terlebih dahulu. Apa jadinya jika seorang bayi tidak pernah diajak berinteraksi?

Dengan adanya komunikasi antar individu, dan terus berkembang menjadi sebuah kelompok, yang saling berhubungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membentuk sistem ekonomi tertentu. Interaksi antar kelompok terus berkembang menjadi sebuah masyarakat yang besar, dan tidak hanya sampai disitu, semakin kompleksnya kehidupan masyarakat hingga memerlukan pemimpin atau sekelompok pemerintah yang bisa mengatur jalanya roda kehidupan agar berjalan teratur dan tertib, timbulah sistem politik yang merupakan titik awal terbentuknya sebuah negara. Sekelompok masyarakat luas tentunya memeliki tempat bernaung, tempat tinggal tetap, dan tempat dimana mereka melakukan segala bentuk pemenuhan kebutuhan, seperti pasar, sekolah, olahraga, dan sebagainya. Wilayah dimana sebuah masyarakat berdiri akan ditentukan batas wilayah, yang akhirnya timbul sistem geografi yang menentukan luas wilayah, nama negara/kota, batas pemerintahan, dan ciri-ciri tertentu dalam sebuah negara yang terbentuk.

Suatu negara memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan negara yang lain, dari tata cara pernikahan, becocok tanam, mata pencaharian, sistem pemerintahan. Hal-hal tersebut dinamakan adat istiadat, dan ilmu mengenai hal tersebut adalah antropologi. Perbedaan-perbedaan tersebut yang membuat masyarakat terkotak-kotak dan tidak jarang terjadi perselisihan antar adat atau bahkan antar kota hingga perang antar negara.

Segala bentuk perselisihan tersebut merupakan bagian dari sistem sosial yang dinamis, cara-cara lama akan terus berkembang membentuk cara-cara baru yang dianggap lebih baik dan lebih sesuai untuk masyarakat yang bersangkutan. Kadang timbul dibenak kita, mengapa terjadi perang, padahal  manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara yang baik, tanpa kekerasan. Dan tentunya hal baik akan memperoleh hal baik pula.

Namun pada kenyataannya, sistem sosial tidak berkata demikian, saat individu merasa tidak puas dengan apa yang diperolehnya, maka ia akan mencari segala cara untuk mendapat lebih dari yang lain, baik dengan cara mencuri, merampok, bahkan sampai membunuh. Sejarah dunia sudah banyak menampilkan tokoh-tokoh yang berwatak demikian, hingga berkuasa di sebuah negara, dan memerangai negara lainnya, yang dianggap tidak cocok dengan pemikian individu tersebut.

Demikian lah ilmu sosial dari sudut pandang saya yang mana merupakan ilmu dari segala bentuk tingkah laku di dalam masyarakat. Blog yang saya bangun ini akan mencoba mengupas lebih dalam, bersama para pembaca untuk mendiskusikan apa yang sedang terjadi dan akan terjadi pada masyarakat kita dan dunia dari sudut pandang ilmu sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar